Panggilan Tuhan Dalam Hidup kita

panggilan Tuhan dalam hidup kita
Mendengar nama Abraham, Musa, Daud, Paulus, Petrus nama tokoh-tokoh Alkitab yang dipakai Tuhan secara luar biasa dalam hidup mereka. Setiap anak Tuhan juga memiliki kerinduan untuk dipakai Tuhan seperti mereka, terkadang ada tanda tanya yang besar, bagaimana panggilan Tuhan di dalam hidup kita? apakah kita bisa seperti mereka? atau memang Tuhan memilih mereka karena mereka memiliki kelebihan di dalam hidupnya?
Pagi ini kita akan belajar dari Matius 4:18-22, tentang panggilan Tuhan, kita akan belajar tentang orang seperti apa yang Tuhan mau pakai, yang Tuhan mau panggil?
Cerita yang sama juga ada di Markus1:16-22 dan Lukas 5:1-11. Dalam Lukas meceritakan dengan sedikit berbeda, diawali dengan pemberitaan Tuhan kepada orang-orang yang ada di sekitar danau, kemudian Ia membuat mujisat dan akhirnya adalah panggilan Tuhan kepada kedua orang nelayan tersebut. Yang menarik dari cerita ini berdasarkan Matius dan Markus, ke dua orang tersebut dan dua orang yang lain, langsung meresponi panggilan tersebut dan meinggalkan apa yang ada pada mereka untuk mengikuti Tuhan. Dari cerita Alkitab tersebut, menjadi pertanyaan mengapa Tuhan mau penggil nelayan untuk menjadi muridnya, apakah karena mereka orang yang taat, orang yang suci atau karena mereka orang yang kuat, atau orang yang berpendidikan tinggi? Jika melihat dari jenis pekerjaannya, maka mereka bukan orang yang berpendidikan tinggi, karena biasanya yang berpendidikan tinggi atau yang pintar bekerja di pemerintahan. Mereka juga bukan orang yang suci, karena dalam kisah di Lukas, Petrus berkata "saya orang berdosa." Jadi tidak ada alasan jabatan atau kekayaan atau kepintaran atau pendidikan sebagai dasar untuk Tuhan memanggil mereka. Sebaliknya Tuhan memanggil mereka karena Tuhan mau memakai mereka.
Ketika Tuhan sudah memanggil yang menariknya adalah mereka segera meresponi panggilanNya. Dicatat di dalam Alkitab bahwa mereka tidak menundanya, tetapi saat itu juga mereka segera pergi, mereka segera meninggalkan semua yang ada di sana untuk menjawab panggilan Tuhan. Mereka tidak memikirkan bagaimana pekerjaan mereka, bagaimana memenuhkan kebutuhan mereka, mereka tidak memikirkan posisi mereka nantinya. Yang mereka lakukan adalah segera mengikuti Yesus. Inilah yang mejadi kunci dalam panggilan Tuhan.
Bagaimana dengan panggilan Tuhan dalam hidup kita, jika kita melihat Petrus, Paulus yang dipakai luar biasa, kita juga ingin seperti mereka. pertanyaannya apakah kita juga mau menjawab panggilan Tuhan dalam hidup kita dan mengikuti Dia dengan sepenuh hati. Apakah kita juga mau mengikuti Tuhan tanpa memikirkan bagaimana memenuhkan kebutuhan hidup kita. Ini sesuatu yang tidak mudah, ketika kita sudah mengikuti Dia dengan sepenuh hati tanpa kita memperhitunggkan berbagai yang kita butuhkan. Ingatlah bahwa Ia Tuhan yang setia dan mengerti berbagai kebutuhan hidup kita sehingga Ia juga yang akan mencukupkannya. Ingatlah bahwa ia berkata jangan kuatir tentang apapun yang menjadi kebutuhanmu karena Bapamu di surga tahu apa yang kamu perlukan.
Jadi maukah kita meresponi panggilan Tuhan dalam hidup kita? maukah kita dipakaiNya? Karena Ia memanggil setiap orang tanpa terkecuali, Ia tidak melihat latar belakang orang atau status sosial atau pendidikan. Yang Ia butuhkan adalah orang-orang yang mau meresponi panggilanNya. Ketika bersama Dia, Ia akan menolong kita dan kitapun bisa di pakai secara luar biasa untuk kemuliaan namaNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar