KELUAR DARI DEPRESI

Situasi yang buruk selalu menjadi mimpi buruk bagi semua orang tanpa terkecuali, tidak ada orang yang bisa menolaknya, namun ada beberapa orang yang bisa keluar dari situasi ini sebagai pemenang sedangkan sebagiannya lagi tinggal dalam kekalutan atau depresi. Dalam depresipun ada yang depresi biasa, yang mudah dikuatkan untuk bangkit kembali. Ada yang depresi menengah, yang membutuhkan waktu dan pendampingan selama jangka waktu tertentu dan kembali menjadi pulih sedangkan yang terakhir adalah depresi parah atau depresi dalam. Ini memerlukan waktu yang tidak sedikit namun sangat membutuhkan pertolongan atau pendampingan terus menerus. Jika depresi terjadi pada orang dekat atau yang kita kenal apa yang harus dilakan? saya mengajak untuk belajar dari seorang tokoh yang bernama Elia .
  1. Memberikan makan, mengapa memberikan makanan, tujuannya untuk memberikan kesehatan pada tubuh, kerena depresi terkadang menyebabkan orang tidak mau makan, dan lebih berpikir masa lalu dan cenderung untuk mengakhiri hidup. Jadi berikan makan sehingga tubuh menjadi kuat, karena makan memberikan energi untuk tubuh dan pikiran. 
  2.  Perlu pendampingan karena orang seperti ini kecenderungan adalah ingin mengakhiri hidup. dengan mengakhiri hidup maka masalahnya akan selesai, jadi pendampingan itu sangat perlu, dengan pendampingan maka ada pengawasan terhadap orang tersebut. 
  3.  Bangun komunikasi. Dengan membangun komuikasi maka akan membuka pemikiran orang yang sedang depresi tersebut, sehingga bisa menemukan jalan keluar dari pergumulannya tersebut. 
  4. Selalu mengingatkan bahwa ada jalan keluar dalam berbagai pergumulan. Hal ini bisa ditemukan melalui berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan berkomunikasi maka akan mendapat berbagai informasi yang menguatkan, yang memberikan jalan keluar dan yang bisa menemukan jalan keluar. Jadi untuk itu semua harus sabar dan yang terpenting adalah dekatkan diri pada Tuhan Yesus sehinga Tuhan juga akan menginspirasinya.
Bacaan 1 Raja-Raja 19:1-18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar