Orang seperti apakah saya

orang seperti apakah saya
Pagi ini, kita akan belajar dari nyanyian pengajaran Daud dalam Mazmur 52:1-11. Mazmur ini lahir karena seorang yang bernama Doeg yang melaporkan kepada raja Saul tentang keberadaan Daud. dengan melaporkan keadaan Daud, maka imam dan keluarganya di Nob dibunuh (lih. 2 Samuel 21& 22:6-23). Dari mazmur ini kita akan belajar 2 tipe orang, orang seperti apakah saya? 
  1. Doeg, ia dikatakan adalah seorang pahlawan, artinya ia bukan seorang biasa, ia juga adalah serorang kepala dari para gembalanya Saul, ia juga seorang yang melayani Tuhan. Namun ia disebut dalam mazmur ini sebagai pahlawan yang jahat, ia seorang yang mencintai kejahatan, seorang yang merancanakan kehancuran. Seorang penipu, seorang yang tidak mengandalkan Tuhan. Mengapa Daud menyebut Doeg adalah orang seperti itu? karena ketika Daud lari ke imam Ahimelekh di Nob, Doeg ada di sana, dikatakan ia adalah seroang pelayan Tuhan. Dia mungkin juga menyambut Daud dan beramah-tamah dengan Daud. Namun ketika meninggalkan Daud dan bertemu dengan Saul, ia menceritakan Daud ada di Nob, itu tidak masalah. Jadi masalahnya di mana? masalahnya adalah dia mungkin menambahkan cerita tentang keterlibatan imam di Nob dengan Daud. Bahkan ia dengan berani membunuh para imam, sedangkan para tentara saja tidak berani melakukan itu. Mengapa ia bisa begitu kejamnya? karena ia hanya seorang yang mencari keuntungan, seorang yang dikatakan percaya pada kekayaan yang melimpah. 
  2. Daud, menggambarkan dirinya seperti sebuah pohon zaitun yang menghijau di rumah Tuhan. Ia seorang yang percaya pada kasih setia Allah. Seorang yang selalu bergantung pada Allah, Daud juga seorang yang mau selalu bersyukur pada Allah. Ia percaya pada Allah bahwa Allah akan bertindak dalam segala langkahnya.    
Dari kedua orang ini yang mana yang mencirikan hidup kita? apakah seperti doeg, seorang yang ada selalu melayani Tuhan namun memiliki tujuan yang lain yaitu kekayaan, sehingga tidak sepenuh hatinya berpaut pada Tuhan. atau seperti Daud, seorang yang sangat bergantung dan percaya pada Tuhan dalam hidupnya. Keduannya memiliki jalan yang berbeda dan hasil yang akan dicapaipun berbeda. Doeg dikatakan bahwa Alah akan merobohkannya untuk seterusnya, bukan saja merobohkan tetapi juga akan mencabut dari dalam kemah bahkan akan membantun dari dalam negeri. Berbeda dengan Daud, karena ia akan aman dalam pemeliharaan Tuhan. Jadi orang seperti apakah kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar